Tema 3 IPA part 4 - 43sdmuda

Latest

Virtual Based Learning

Ayo Belajar, Untuk Masa Depan

Minggu, 11 Oktober 2020

Tema 3 IPA part 4

 

CIRI CIRI HEWAN YANG TERAWAT


Berikut ciri ciri hewan yang terawat :

  • Memiliki postur tubuh yang bagus, tegap dan proporsional.
  • Tubuhnya bersih, mulai dari ujung kepala hingga kaki. Seperti bagian telinga, kuku dan juga bulu
  • Warna bulu pun terlihat mengkilat, sehat, kuat dan tidak mudah rontok saat disentuh, serta bersih dari kutu hewan.
  • Memiliki gigi yang bersih dan pendek.
  • Tidak bersikap liar atau galak.
  • Tidak terlihat kelaparan atau memiliki tubuh yang kurus dengan tulang yang terlihat menonjol.
  • Tidak memiliki bekas luka yang aneh.
  • Selalu berada di lingkungan yang bersih dan menyukai tempat yang bersih
  • Terjaga kesehatannya dan tidak terindikasi memiliki penyakit menular yang membahayakan

Ciri-ciri Tanaman yang Sehat
Perawatan tumbuhan dilakukan biar tumbuhan tersebut sanggup tumbuh dengan baik. Tanaman yang sehat tentunya menjadi impian kita dikala menanam tanaman. Sehat atau tidaknya tumbuhan sanggup dilihat dari tampak luar tumbuhan tersebut. Tanaman yang sehat antara lain mempunyai tapilan sebagai berikut.
  • Kondisi tumbuhan segar dan berwarna cerah. Kondisi sehat tumbuhan tersebut secara visual ditandai dengan tampilan yang segar pada daunnya. Selain itu warna daunnya juga terlihat mengkilat. Hal tersebut menerangkan tumbuhan mendapat nutrisi masakan secara optimal.
  • Kondisi batang berpengaruh atau tidak goyang. Biasanya tumbuhan hias yang sakit pada bab akarnya sulit untuk ditentukan sehat atau tidaknya. maka lakukan tekanan sedikit pada batang tumbuhan tersebut ke beberapa arah, kalau kondisi tumbuhan sehat maka akan terasa kokoh namun kalau akarnya ada yang mengalami pembusukkan maka pada dikala dilakukan pementingan tumbuhan nampak lemas.
  • Kondisi kuncup daun lebar. Kuncup daun yang lebar menerangkan nutrisi pertumbuhan didapat secara optimal. Sebaliknya kalau kekurangan nutrisi, kuncup daun akan mengeceil dibandingkan dengan daun yang sebelumnya.
  • Bebas dari hama dan penyakit. Tanaman yang sehat terbebas dari hama dan penyakit. Penyakit pada tumbuhan sanggup ditandai dengan daun yang layu atau bab tumbuhan lain yang mengalami pembusukkan.

Kekayaan Alam Indonesia (Tanaman OBAT)

Kekayaan alam Indonesia memang patut disyukuri. Ada banyak tanaman obat yang punya manfaat untuk kesehatan. Dan tanaman ini mudah ditanam di pekarangan rumah.

Beberapa tanaman telah dibudidayakan menjadi tanaman obat keluarga. Tidak hanya berasal dari daun tetapi juga umbi, batang ataupun bunga. Meskipun belum semuanya teruji secara klinis, akan tetapi kandungan alaminya ternyata bisa membantu mengatasi masalah kesehatan secara tradisional.

1. Tanaman Obat Jahe

Tanaman ini sudah pasti tidak asing lagi untuk kamu. Tanaman obat jahe dapat membuat kehangatan bagi tubuh saat cuaca dingin. Jahe yang diolah menjadi minuman hangat juga bisa mengurangi masuk angin dan sari dari jahe bisa menyembuhkan batuk karena efek hangatnya bisa membantu legakan tenggorokan.

2. Tanaman Obat Temulawak

Di Indonesia, temulawak merupakan salah satu tanaman obat yang dipercaya membawa banyak manfaat untuk kesehatan. Temulawak bisa membantu meningkatkan nafsu makan dan akar dari temulawak juga sering dimanfaatkan untuk mengtasi gangguan pencernaan hingga perut kembung.

Tanaman obat kumis kucing.Tanaman obat kumis kucing. Foto: iStock


3. Tanaman Obat Kumis Kucing

Kumis kucing jadi salah satu tanaman herbal yang digunakan untuk penyakit batu ginjal. Tanaman ini mampu merangsang ginjal untuk mengeluarkan urine sehingga dapat mencegah pengendapan mineral dan garam dalam ginjal.

Kumis kucing juga sering dijadikan sebagai obat infeksi saluran kencing dengan cara meminum air rebusan daun kumis kucing.

4. Tanaman Obat Ginseng

Ginseng jadi tanaman obat keluarga yang kabarnya mampu mendapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Selain itu, ginseng juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko kanker.

5. Tanaman Obat Sambiloto

Punya rasa yang sangat pahit, tanaman obat sambiloto ini sering dijuluki sebagai "King of Bitter". Sambiloto disebut dapat menurunkan gula darah, tekanan darah serta melindungi jantung.

Tanaman ini banyak ditemui di Indonesia. Cara untuk jadi obat bisa rebus daunnya hingga mendidih sebanyak 10 helai dan diminum rutin.

6. Tanaman Obat Daun Saga

Tanaman obat obatan seperti daun saga dapat digunakan sebagai obat batuk, panas dalam hingga sariawan. Untuk obat sariawan, kamu bisa mengunyah daun saga yang sudah dicuci bersih kemudian digunakan untuk kumur-kumur.

Sedangkan untuk obat batuk bisa merebus daun saga dengan kayu manis dan minum secara rutin.

Tanaman obat jeruk nipis untuk atasi batuk.Tanaman obat jeruk nipis untuk atasi batuk. Foto: Istock


7. Tanaman Obat Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung vitamin C dan juga antioksidan yang dapat meredakan batuk. Konsumsi vitamin C secara rutin juga bisa meningkatkan sistem imun. Segelas air jeruk nipis atau perasan air jeruk nipis dan madu bisa bantu redakan batuk. Tanaman obat jeruk nipis ini juga bisa kamu tanaman di pekarangan rumah

Absen ketik: IPAFINISH kirim ke WA pak ADIN ya