Tema 3 IPS part 4 - 43sdmuda

Latest

Virtual Based Learning

Ayo Belajar, Untuk Masa Depan

Rabu, 07 Oktober 2020

Tema 3 IPS part 4

 Pemanfatan SDA yang berasal dari hewan

1. Perikanan

Perikanan merupakan sumber daya alam hayati yang sangat potensial di Indonesia. Wilayah Indonesia sendiri 2/3 nya ialah peraran. Sumber daya perikanan merupakan sumber makanan bagi kehidupan manusia. Ikan sangat digemari oleh manusia karena mengandung gizi yang tinggi. Jepang salah satu negara maju di Asia adalah negara yang sangat tinggi tingkat konsumsi ikannya terutama ikan laut. Hasil dari perikanan selain dikonsumsi sendiri juga digunakan dapat diekspor ke negara lain. Ekspor perikanan Indonesia cukup tinggi. Pada tahun 2013 nilai ekspor perikanan Indonesia mencapai 4,19 milliar dollar AS. Nilai ini diperkirakan dapat lebih tinggi lagi karena masih banyak pencurian yang terjadi terutama di perairan laut Indonesia

2. Peternakan

Peternakan meupakan salah satu sumber daya alam hayati yang dimiliki Indonesia. Sumber daya alam hayati ini dapat berupa hewan liar maupun hewan yang sudah dibudidayakan. Peternakan dibagi menjadi beberapa jenis yaitu:

1. Peternakan Potong dan Kerja

Jenis peternakan ini dimanfaatkan manusia untuk melakukan berbagai kegiatan seperti membajak sawah, mengangkat barang-barang, dan alat transportasi. Selain dimanfaatkan tenaganya juga diambil dagingnya. Macam-macam yang termasuk didalam jenis ini antara lain sapi, kambing, kuda, dan domba.

2. Peternakan Perah

Kalian tentu sering mengkonsumsi susu dalam kehidupan sehari-hari. Susu merupakan salah satu produk utama dalam peternakan ini. Sapi, kambing, dan kuda merupakan beberapa jenis hewan yang diambil produksi susunya untuk memenuhi kehidupan manusia. Susu merupakan salah satu sumber gizi bagi kehidupan manusia.

3. Peternakan Unggas

Peternakan unggas ialah jenis hewan yang memiliki bulu dan sayap untuk diambil daging ataupun telurnya. Beberapa hewan yang termasuk didalamnya seperti ayam, bebek, merpati, dan kalkun.

4. Aneka Satwa

Aneka satwa merupakan hewan yang belum lama didomestikasi. Jenis ini digunakan sebagai penghasil bahan pangan berprotein tinggi. Contoh aneka satwa diantaranya, lebah madu, ulat sutera, cacing tanah, burung unta, dan burung wallet.


Absen hari ini dengan cara ketik: IPSHEWAN kirim WA ke pak ADIN

Setelah membaca semua materi IPS, silahkan kerjakan soal via APLIKASI THATQUIZ ya