Tema 5: BINDO Pahlawanku (part 1) - 43sdmuda

Latest

Virtual Based Learning

Ayo Belajar, Untuk Masa Depan

Kamis, 12 November 2020

Tema 5: BINDO Pahlawanku (part 1)

 

Menentukan Isi Pernyataan Sesuai Dengan Isi Teks

Kita harus tahu, bahwasanya sebuah bacaan atau teks menyimpan beberapa informasi berupa pernyataan tertentu. Informasi ini bisa terlihat ada juga yang tersirat atau tidak terlihat dengan jelas. Nah, pernyataan yang ada di dalam sebuah wacana atau teks inilah yang harus kita dapatkan untuk bisa menjawab sebuah pertanyaan yang nantinya akan muncul. Ide-ide yang ada di dalam informasi didalam sebuah bacaan ini menggunakan rumus 5W + 1 H. atau, jika kita jadikan kedalam bahasa Indonesia maka akan menjadi : Apa, Siapa, Bagaimana, Mengapa dan Dimana. Penjabarannya adalah:

  • Apa : Ini merupakan kata tanya yang akan menyanyakan tentang apa yang menjadi permasalahan atau apa peristiwanya? Maka akan dijawab dengan perihal atau sesuatu informasi yang menjelaskan pertanyaan apa tersebut dalam sebuah bacaan.
  • Siapa : ini merupakan pertanyaan untuk menanyakan siapa pelaku yang bertanggung jawab untuk perbuatan atau peristiwa yang ada di dalam teks. Maka jawabannya akan berupa subjek atau pihak yang terlibat.
  • Dimana : ini merupakan pertanyaan yang menanyakan tentang tempat kejadian atau sebuah peristiwa. Maka kita harus mencari tahu tempat atau lokasi yang dijabarkan di dalam sebuah wacana.
  • Kapan : ini merupakan pertanyaan yang akan menunjukkan waktu peristiwa atau sebuah kejadian. Sehingga, perlu mencari jawaban yang berupa waktu di dalam sebuah wacana.
  • Mengapa : ini adalah kata tanya yang menanyakan sebab atau apa faktor yang membuat hal tersebut terjadi. Sehingga, harus dicari tentang penyebab, alasan atau faktor lainnya yang mendukung sebuah peristiwa atau kejadian tertentu.
  • Bagaimana: ini akan menanyakan tentang proses sebuah peristiwa atau perjalanan dari awal terbentuknya masalah. Jadi, kita harus menjawab proses demi proses yang menyebabkan sebuah peristiwa terjadi.
Menulsikan Informasi dalam konsep 5W 1 H

Contoh:

“Gempa Bumi Lombok”

Gempa bumi kembali mengguncang Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan magnitudo sebesar 5,7. Akibat gempa yang terjadi di Lombok tersebut, sebuah sekolah, yaitu SDN 25 Mataram memberikan kebijakan untuk memulangkan siswa lebih awal, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan serta sebagai upaya antisipasi adanya gempa susulan.

Gempa bermagnitudo 5,7 tersebut terjadi pada hari Kamis, 6 Desember 2018 pukul 08:02:46 WIB. BMKG mengatakan bahwa pusat gempa berada pada kedalaman 10 Km yang berlokasi di 23 Km barat laut Mataram, yaitu pada 8,37 lintang selatan, dan 116,06 bujur timur. Gempa kali ini tidak berpotensi menyebabkan tsunami.

Para siswa yang sedang mengerjakan soal ujian akhir semester menangis dan ketakutan saat gempa terjadi. Hal ini dikarenakan trauma atas gempa terdahulu yang masih mereka rasakan.

Pihak sekolah memulangkan siswa lebih awal untuk menjamin keamanan dan keselamatan siswa. Para siswa boleh diijinkan pulang lebih awal namun dengan memastikan bahwa siswa dijemput oleh pihak keluarga.

Setelah membaca berita tersebut Anda dapat menyimpulkan inti berita dengan pertanyaan 5W1H seperti berikut ini.

What: Peristiwa apa yang terjadi ?
Who : Siapa yang terlibat ?
Where: Dimana peristiwa tersebut terjadi ?
When : Kapan peristiwa terjadi ?
Why : Mengapa peristiwa tersebut bisa terjadi ?
How : Bagaimana proses kejadiannya ?

Ide cerita dalam berita tersebut masih dapat dikembangkan dengan menambahkan unsur-unsur lain selain 5W1H yang bisa memperkuat berita yang ditulis. Seperti misalkan berapa banyak siswa yang dipulangkan, siapa lagi yang mengalami trauma atas gempa lombok yang terjadi.

Sehingga tulisan yang terbentuk dengan kandungan unsur 5W1H serta unsur pelengkap lainnya dapat memberikan informasi yang akurat kepada pembaca.


Kode ABSEN: 5W1H kirim ke Wa pak ADIN