Tema 5 BINDO Pahlawanku (part 2) - 43sdmuda

Latest

Virtual Based Learning

Ayo Belajar, Untuk Masa Depan

Jumat, 13 November 2020

Tema 5 BINDO Pahlawanku (part 2)

 

Cara Menemukan Informasi Grafik, Tabel, Denah dan Bagan

Setelah mengerti dan paham mengenai pengertian grafik, table dan bahan serta Contohnya. Maka kemudian mengenai bagaimana cara menemukan informasi di dalamnya.

Terdapat beberapa tahap yang bisa dilakukan untuk menemukan informasi dalam grafik, tabel, dan bagan, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Pastikan sudah membaca judul grafik, tabel, dan bagan tersebut
  2. Perhatikan keterangan yang ada pada gambar.
  3. Dan perhatikan perbedaanya disetiap masing-masing gambar

Contoh Tabel, Grafik, Denah dan Bagan

Berikut adalah contoh dari tabel, grafik dan bagan

Contoh Tabel

contoh tabel
contoh tabel

Contoh Grafik

contoh grafik
contoh grafik

Contoh Bagan

contoh bagan
contoh bagan

Contoh denah

contoh denah
contoh denah

Fungsi Tabel, Grafik, Denah dan Bagan

Grafik, tabel, denah dan bagan yang menyertai teks bacaan memiliki fungsi untuk memperjelas isi wacana. Paparan yang rumit akan lebih mudah dipahami jika disertai dengan tabel, grafik atau bagan/diagram.

Teks bacaan yang rumit dan disertai tabel, grafik atau bagan/diagram, membantu pembaca untuk lebih memfokuskan hanya pada tabel, grafik atau bagan/diagram yang disajikan. Biasanya pembaca akan mencari bagian-bagian yang diperlukan saja pada tabel, grafik atau bagan/diagram yang disajikan.

Pada grafik, disajikan informasi yang telah ditampilkan sedemikian rupa dalam gambar yang mewakili sejumlah data. Penggambaran angka menjadi garis ataupun gambar akan memudahkan dalam memahami sebuah data, sebuah perkembangan dan lebih memudahkan menyimpulkan isi data. Untuk itu diperlukan keahlian dalam membaca informasi berbentuk grafik, tabel atau bagan.


kode ABSEN: TABEL kirim ke WA pak ADIN